Aksi MGG ITB peduli :”Tari Pendet (asli) Bali!”

Pendet dance by MGGMahasiswa adalah panggilan untuk orang yang menjalani pendidikan di universitas atau perguruan tinggi. Mahasiswa tidak hanya belajar mata kuliah saja di universitas tetapi belajar untuk peka dan peduli dengan keadaan lingkungan sekitar.

Di tengah hiruk pikuk, hingar bingar klaim budaya Indonesia oleh negara tetangga kita, Malaysia, Mahasiswa tidak tinggal diam! Mahasiswa Institut Teknologi Bandung mengekspresikan kepedulian mereka terhadap budaya Indonesia yang diklaim dengan cara mementaskan kesenian tari dan musik di kampus. Sebagai manusia yang memiliki intelektual yang tinggi, berdemo atau unjuk rasa bukanlah jalan yang tepat. Indonesia adalah bangsa yang berbudaya dan berbudi, maka tunjukanlah budaya kita dengan cara yang berbudi.

penabuh unit kesenian bali maha gotra ganesha ITBPencantuman Tari Pendet dalam iklan pariwisata Malaysia, membuat geram anak-anak Unit Kesenian Bali Maha Gotra Ganesha ITB. Apa yang bisa kita lakukan kawan? Ketua MGG, Alit Wicaksana Suwirya pun mengusulkan kepada Menteri Seni Budaya Keluarga Mahasiswa ITB untuk melakukan aksi pemasangan spanduk tanda kepedulian kita terhadap klaim budaya Indonesia. Bak gayung bersambut, pemasangan spanduk pun dilengkapi dengan pementasan tari dan musik yaitu Tari Pendet oleh Maha Gotra Ganesha, Tari Piring oleh Unit Kesenian Minangkabu, dan Angklung oleh KPA. Lingkar sastra pun memberikan sentuhan manis pembacaan puisi sebagai aksi protes klaim budaya Indonesia oleh Malaysia.

pemasangan spanduk aksi protes klaim terhadap budaya Indonesia

Aksi protes para mahasiswa ITB merupakan suatu bentuk kepekaan dan kepedulianĀ  kaum mahasiswa terhadap kebudayaan Indonesia. Kepedulian mahasiswa ITB tidak dapat diukur dari aksi protes ini. Namun, lihatlah unit-unit kesenian mahasiswa yang hidup, bergerak, dan tumbuh di sudut-sudut kampus perjuangan ini. Mereka keseharian setelah kuliah, beraktivitas di unit-unit kesenian masing-masing. Bayangkan saja ada 75 Unit kegiatan mahasiswa termasuk unit kesenian di ITB. Begitu aktif dan dinamis mahasiswa-mahasiswi ITB dalam melestarikan budaya dan kesenian daerah-daerah di Indonesia. Ini lebih dari sekedar bukti bahwa mahasiswa ITB tidak tinggal diam!

(pd)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: