Aksi Cantik Maha Gotra Ganesha di ESPOSE 2012!

Seakan menjadi artis! Hmm begitulah perasaan yang muncul di hati para penari dan penabuh Maha Gotra Ganesha saat tampil mengiringi Tesla Manaf, Tulus, dan Ipang di ESPOSE 2012. Bagaimana tidak? ribuan mata penonton tertuju pada mereka dan ribuan penonton pun mendengar nama Maha Gotra Ganesha diteriakkan. Haru biru dan bangga, begitulah perasaan yang muncul di hati para anggota MGG yang menonton saat itu. Seakan tak percaya, unit yang bersekretariat di Gedung eks MKOR menampilkan performance sepanggung dengan artis-artis berkelas nasional. Tak berlebihan rasanya bila menyebut Maha Gotra Ganesha memang pantas disejajarkan dengan artis.

ESPOSE 2012 adalah sebuah acara musik yang dimotori oleh Fakultas Ekonomi UNPAD dan mengangkat tema “Chain The Ehtnicity Through Musicology”. Tak tanggung-tanggung, MGG diberi kesempatan membuka acara tersebut dengan menampilkan sebuah tarian kreasi yang digarap oleh anak-anak MGG sendiri dan diiringi oleh gamelan Gong Kebyar. Dinamis, ekpresif, dan  memukau, begitulah penampilan para penari membawakan tari kreasi yang dipersiapakan selama kurang lebih dalam waktu sebulan ini. Sontak, penampilan MGG pun menarik perhatian hadirin dan penonton mulai banyak berdatangan memenuhi auditorium Sasana Budaya Ganesha ITB. 

Image

Tak lama berselang, Tesla Manaf feat MGG mulai mengusik telinga penonton dengan kolaborasi Musik Jazz dengan alunan gamelan Bali. Perpaduan yang indah dan dinamis, begitulah kesan yang ditampilkan oleh artis yang telah merilis album pertama bertajuk It’s All Yours pada 15 September 2011 lalu. Selama kurang lebih 40 menit, Tesla ft MGG membawakan 5 track dari 6 track yang ada di album pertama mereka. Suara kecak, akapela ala bali dan suara cengceng, simbal versi bali pun melengkapi kolaborasi mereka seakan menambah kentalnya ciri khas musik pada penampilan mereka.

Image

Berselang 2 jam, Tulus pun menyambut para fansnya yang kebanyakan wanita sembari mengajak mereka ikut bernyanyi. “Awalnya saya penasaran bagaimana jadinya lagu saya apabila dipadupadankan dengan gamelan bali. Ternyata, wow! Saya tak pernah menyangka akan sebagus ini hasilnya. Kolaborasi ini tak sabar ingin saya bawakan dan sangat saya nanti-nanti” begitu Tulus berucap kepada penonton. Tulus pun kemudian mempersilahkan MGG untuk naik ke panggung dan mempersiapkan diri mengiringi lagu Tuan Nona Kesepian. Begitu manis terdengar, itulah kesan nyanyian tulus diiringi oleh gamelan Bali. Lagu ini seakan mempunyai ‘spirit’ baru berbeda dengan versi aslinya tanpa diiringi gamelan. Tak hanya itu, suling bali yang ditiup oleh Argo Cahyadi, mantan Menteri Seni Budaya KM ITB menjadi intro dan pengiring lagu ‘Teman Hidup’ yang dinyanyikan oleh Tulus saat itu. Tulus begitu bangga sekali bisa berkolaborasi dengan Maha Gotra Ganesha dan sangat menantikan kesempatan berikutnya untuk manggung bareng lagi.

Image

Seakan belum puas menggeber panggung ESPOSE 2012 dengan alunan gamelan Bali, MGG pun kembali tampil berkolaborasi dengan Ipang Lazuardi. Kali ini lagu ‘Sahabat Kecil’ yang merupakan OST Laskar Pelangi diselaraskan dengan alunan gamelan Bali. Namun sayang, saat penampilan berlangsung, suara gamelan tak begitu terdengar karena suara alat musik lain yang seakan menenggelamkan suara gamelan.  Andaikan, lagu tersebut dibawakan secara akustik dan diiringi oleh gamelan, tentunya akan menjadi sebuah kolaborasi yang sangat indah. Ipang pun baru pertama kali berkolaborasi dengan musik bali dan mengatakan begitu beruntung mempunyai kesempatan berkolaborasi dengan salah satu kebudayaan Indonesia.

Image

Wah cantik bangetlah penampilan MGG di ESPOSE 2012 ini! Artis sekelas Tulus dan Ipang saja sangat antusias kolaborasi sama MGG. Kalo ada sumur di ladang, mudah-mudahan MGG bisa menumpang mandi lagi, eh..eh maksudnya berkolaborasi lagi :p. Semoga karya-karya MGG gak berhenti sampai disini dan MGG semakin berprestasi. Jayalah Maha Gotra Ganeshaku!

Foto-foto diambil dari flickr jazzuality.com dan dokumentasi Rakananda MGG’11

One response to this post.

  1. Posted by ratni on June 26, 2012 at 7:09 pm

    MGG kuereeeeeeennnnn…….. !!!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: